Minggu, 17 Mei 2009

Social Network di Internet, by Maudy







Hello guys! Want to know more about internet and interesting websites on internet? Sekarang di topik kita kali ini kita bakal ngebahas tentang trend baru situs-situs pertemanan di dunia maya a.k.a internet. Seperti yang sudah kita ketahui guys, sekarang situs-situs pertemanan di internet ada banyak banget, dan yang pastinya sudah populer banget di antara kita, contoh-contohnya:

1. Friendster - atau biasa disingkat Fs, sosnet yang satu ini mulai booming beberapa tahun terakhir. Pastinya banyak dari kita yang punya account di Friendster, kan? Friendster emang menarik, features nya lengkap, dan punya banyak pilihan layout yang keren. Katanya juga pengguna terbesar Fs adalah rakyat Indonesia lho.

2. Facebook - Kita liat, sekarang banyak pengguna Friendster yang mulai 'hijrah' ke Facebook. Social network yang
satu ini sekarang lagi happening banget. Kabarnya, sekarang Facebook lebih populer daripada Friendster. Emang, Facebook lebih simple, games dan applications-nya lebih banyak dan lebih menarik daripada Friendster.

3. Orkut - jaringan yang satu ini terintegrasi dengan account Google.

4. Myspace - Punya fitur yang lebih banyak dari fs. Untuk ukuran dunia, myspace kabarnya paling populer saat ini, tapi keliatannya di Indonesia justru kurang ada gaungnya.
5. Meetup dan Tribe - Situs ini membagi penggunanya berdasarkan tempat tinggal dan minat.

6. LinkedIn - Komunitas online bagi profesional buat saling bertukar informasi dan gagasan.

7. Temanster - Friendster ala Indonesia. Indonesia emang bisaa... aja.

8. sohib.com - Masih buatan Indonesia, desainnya lebih cerah dan atraktif.

9. Fupei - Sekali lagi, buatan anak bangsa. Desainya simple, tapi tetep attractive.

10. Hi5 - sosnet yang ini kurang lebih sama dengan Friendster atau MySpace.

11. Monster - Namanya agak serem ya. Hehe. Ini adalah jaringan komunitas online untuk para pencari kerja

12. Twitter - social network yang ini menggunakan konsep buat menjawab pertanyaan "what are you doing?". Kita bisa tau apa saja yang sedang dilakukan teman-teman kita melalui Twitter. Banyak lho seleb Hollywood yang punya account di Twitter!


Dari daftar di atas, kita bisa liat kalo ternyata banyak juga social network buatan Indonesia. Ini jadi bukti kalo ternyata pemuda-pemuda Indonesia juga tergolong kreatif. Jadi kalian harus bangga juga dong. Hehheee Nah, kalau kalian tertarik dan berminat, langsung aja masuk ke situsnya terus langsung buat account deh. Gampang kan?

Dengan bergabung di social network, ada banyak banget keuntungan yang bisa kita dapat. Pertama, kita bisa nambah teman, baik dari dalam kota, luar kota, bahkan sampai ke luar negeri. Kita juga bisa ketemu sama teman-teman lama kita yang udah lost contact sama kita. Selain itu, kita juga bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan dengan teman-teman yang ada di kota atau negara lain. Jadi kita bisa stay up-to-date sama hal-hal yang lagi in, dan kita juga nggak terkesan gaptek.

Tapi tetep aja sosnet juga bisa memberikan kerugian buat kita. Pertama, yang mesti kita tau, semua social network pasti bersifat addictive. Kita bakalan betah nongkrong di depan komputer seharian penuh, dari pagi sampai malem cuman buat online Facebook, Friendster, dan yang lainnya. Hal ini bisa bikin kita jadi 'autis' dan lupa waktu, dan jadi ninggalin hal-hal lain yang sebenernya lebih penting dan bermanfaat daripada ngabisin waktu 24 jam di depan komputer. Selain itu, yang kita juga mesti tau, ngabisin waktu terlalu lama di depan komputer juga bisa ngerusak mata dan kulit karena radiasi dari monitor komputer. Yang kedua, seperti yang kita tau, internet sering jadi media buat para oknum-oknum yang nggak bertanggungjawab buat ngelakuin berbagai macam kejahatan. Dan yang paling sering adalah penyebaran gambar-gambar atau video-video yang tidak senonoh. Dan social networks yang ada juga termasuk salah satu media buat para oknum-oknum itu buat ngelakukan tindakan-tindakan mereka.

Nah, sekian buat topik kali ini. Kita harap kamu bisa memanfaatkan social network yang ada dengan sebaik-baiknya, dan tau batasan-batasan dalam pemaikainnya. Be a smart surfer !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar