Rabu, 24 Juni 2009

RSBI, by Pucho

Hey semua!

Ternyata susah juga masuk RSBI ya… Bersyukurlah kalian siswa-siswi yang telah Lolos menjadi murid RSBI. Karena, persaingan siswa untuk masuk ke sekolah RSBI favorit semakin ketat & susah lho! Kalau mau tau lebih lanjut, simaklah artikel dibawah ini!

Akhir akhir ini, Kehadiran 260 sekolah RSBI telah memberi perhatian masyarakat luas, baik di Jakarta maupun kota-kota lain di Indonesia. Banyak dari sekian orang tua bangga jika anak-anak mereka berhasil masuk ke sekolah-sekolah yang berlabel RSBI tersebut. Namun, bagi sebagian sekolah, R-SBI itu dimanfaatkan sebagai ajang untuk mempromosikan sekolahnya. Waw, hebat yah! ^^

Kenapa sih harus diadakan Program RSBI?

Lahirnya program RSBI tak lepas dari kondisi mutu pendidikan kita yang hingga kini masih memprihatinkan. Program RSBI merupakan salah satu upaya untuk menggenjot mutu pendidikan Indonesia agar setara dengan negara-negara lain, sehingga mutu lulusannya memiliki daya saing yang tinggi dan agar mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain di kancah internasional.

Setiap SMP SBI/RSBI harus menggunakan bahasa komunikasi global, terutama bahasa Inggris dan menggunakan teknologi komunikasi informasi (information communication technology/ICT). Proses belajar - mengajar di SBI harus menggunakan bilingual, terutama untuk pelajaran matematika dan sains.

Lalu… SUSAH ga nih masuk RSBI itu? Terus, cara nge-daftarnya gimana dong ?
Hhhhmmm… Sebenarnya sih susah-susah gampang ya… kalau mau masuk RSBI itu harus mengikuti Tes Akademik… Nah, Ada dua tahap seleksi yang harus diikuti para calon siswa, yaitu memenuhi persyaratan dan melengkapi persyaratan. Memenuhi persyaratan yaitu mengisi formulir pendaftaran, surat keterangan mengikuti UN, pas foto 2x3 dan 3x4 masing-masing dua lembar, foto copy rapor SMP sebanyak satu rangkap dan telah dilegalisir serta menandatangani surat pernyataan. Aduh duh… repot juga tuh ya… -_-

Tes lanjutan yang harus diikuti itu berupa Tes Bahasa Inggris (TOEFL), Tes Matematika dan tes IPA. Jadwal tes bisa berubah menyesuaikan jadwal pengumuman kelulusan.Tahapan hasil penerimaan berdasarkan rangking dari hasil tahapan. Siswa yang masuk berdasarkan hasil rangking tahapan selanjutnya bisa mendaftar ulang. Yaah,,, semoga yang nyoba lulus deh… ^^ (Amiiin…)

Lalu, Diknas Pendidikan memberikan Standar nilai UN rata-rata 8,5 untuk calon siswa SBI, baik itu SMP maupun SMA. Wew… Susah juga yah untuk masuknya apalagi kalau sudah jadi Siswa RSBI! ^^

Dan ternyata, Proses masuk ke RSBI/SBI itu sama seperti jalur pendaftaran regular lho! yaitu calon siswa RSBI dapat melakukan pendaftaran melalui http://www.psbsby-online.net . Jadi, tinggal daftar aja deh di internet daripada susah & repot daftar langsung ke Sekolah RSBI-nya! Iya kan? ^^

Jika kalian para Calon RSBI tidak lulus tahap 1, jangan khawatir, Karena akan ada Tahap ke-dua juga kok! So, Don’t Worry Be Happy~ ^_^

Terus, Apa aja ya Aktivitas kegiatan RSBI/SBI itu?
Menjadi murid RSBI sangatlah tidak gampang, biasanya sehabis usai pelajaran sekolah (Senin-Jumat) itu ditambah dengan kegiatan Ekstrakulikuler, yaitu berupa OSN (Mathematic, Biology, Physic & Astronomy), English Strengthning, Interactive English, Robotic, Sinematografi & melukis.

Lalu, ada juga kegiatan luar seperti:
SCB (Smart Character Building)
ASIAN Dialogues
Science Camp
Shadow Teaching Program
Twinning Program
Dll ^^

Kalau begitu ada yang ngebingungin nih... Apa bedanya sih RSBI dengan SBI?
Nih yaaa, kalau RSBI itu adalah Rintisan Sekolah Berstandar International. Jadi, sebelum sekolah national itu menjadi Sekolah Berstandar International (SBI), maka sekolah tersebut merintis dan menyiapkan sekolahnya untuk menjadi sekolah national yang berkualitas international.

Sedangkan SBI itu adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia berkualitas Internasional dan lulusannya berdaya saing Internasional.

So guys… Kalau kamu-kamu tertarik dan berminat masuk RSBI, coba saja daftar dan cari tau informasinya! siapa tau (?) kalian diterima dan nantinya kalian bisa menjadi lulusan yang berdaya saing international lho!

Gitu-gitu, masuk RSBI/SBI itu ada untungnya! Yaitu kalian bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru yang belum dialami, lalu karena bahasa inggrisnya yang paling diterapkan disana, kalian bisa menguji dan memperbagus bahasa inggris kalian jadi semakin Oke!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar