Sabtu, 20 Juni 2009

Sekolah Gratis, by Rere





"Sekolah gratis, ada di mana-manaa...."

Kalian pasti udah nggak asing lagi kan sama kalimat di atas. hehehe
Emang, sekarang di tv sering banget kita denger iklan tentang sekolah gratis.

Yep, mulai Januari 2009 ini pemerintah udah membebaskan SPP buat siswa-siswa SD dan SMP di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh naiknya bantuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang di dalamnya termasuk sumbangan dana SPP, dana Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan juga bantuan buku. Rincian dana BOS yang diterima setiap siswa adalah sebagai berikut :

1. Rp. 400.000/ tahun untuk SD / SDLB di wilayah kota
2. Rp. 397.000/ tahun untuk SD/ SDLB di kabupaten
3. Rp. 575.000/ tahun untuk siswa SMP/ SMPLB/ SMPT di kota
4. Rp. 570.000/ tahun untuk SMP/ SMPLB/ SMPT di kabupaten

Tapi, apakah sekolah gratis ini hanya ada untuk sekolah-sekolah negeri aja?
Nggak dong! Pemerintah juga udah meminta kepada sekolah-sekolah swasta buat mendata siswa-siswa yang nggak mampu di sekolah itu, lalu siswa-siswa yang nggak mampu akan dibebaskan dari biaya operasional sekolah. Dan juga, buat siswa-siswa yang mampu, sekolah juga nggak akan meminta pungutan biaya yang berlebihan.

Adanya peringanan biaya pendidikan ini, bukan berarti menyebabkan penurunan
kualitas pendidikan lho. Pemerintah juga akan tetap menjaga mutu pendidikan yang diberikan kepada pelajar-pelajar Indonesia. Makanya, dengan adanya sekolah gratis, banyak banget pihak yang diuntungkan. Murid, orangtua, guru pun
juga diuntungkan, karena pemerintah juga akan meningkatkan kesejahteraan
guru dengan menaikkan pendapatan guru.

Dengan adanya pendidikan gratis, pelajar Indonesia dapat menempuh pendidikan dasar 9 tahun dengan lancar. Kualitas SDA Indonesia pun akan meningkat dengan meningkatnya masyarakat yang berpendidikan. Dengan begitu, derajat bangsa kita pun akan terangkat.

Tapi bagaimana jika suatu waktu terjadi hambatan dan sekolah masih mengalami kekurangan untuk mendanai biaya operasionalnya? Tenaaang, karena bantuan dari APBD akan selalu siap sedia! Jadi proses belajar-mengajar akan tetap berjalan dengan lancaaar.


Hmm, tapi, sayangnya, sekolah gratis ini nggak tersedia di sekolah-sekolah RSBI dan SBI.
Hah? Apaan tuh RSBI dan SBI? Kalau mau tau, klik aja di sini.

Nah, keliatan kan sekarang, betapa mudahnya pendidikan dengan adanya sekolah gratis. Mudah-mudahan program ini berjalan lancar ya, jadi anak-anak Indonesia nggak ada lagi yang putus sekolah. X)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar